Pentingnya Campur Tangan Pemerintah dalam Transportasi di Indonesia

Transportasi pada kenyataanya merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pokok yang akan menjamin jalannya kehidupan manusia. Melalui sarana transportasi manusia bisa memenuhi kebutuhan pokoknya yang tidak terdapat di sekitar daerah tempat tinggalnya melainkan hanya terletak jauh dari tempat tinggalnya dan tidak bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Sehingga secara tidak langsung transportasi merupakan sarana pengintegrasian penduduk antar wilayah di suatu negara. Sarana transportasi mencakup transportasi yang ada di darat, laut, maupun udara baik pribadi maupun umum sesuai dengan hak kepemilikannya. Di indonesia sendiri ketiga cakupan transportasi boleh dikatakan sangat mendukung karena Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang antar pulaunya dibatasi oleh lautan. Pada prakteknya di lapangan dapat kita amati bahwa transportasi bisa juga mencerminkan kondisi sosial suatu masyarakat. Pola pergerakan manusia juga merupakan salah satu cerminan kondisi sosial suatu masyarakat. Dalam waktu-waktu tertentu penduduk Indonesia melakukan pergerakan secara bersamaan dengan menggunakan sarana transportasi publik. Salah satu contoh dari kasus tersebut adalah fenomena mudik Lebaran. Fenomena menarik di masyarakat ini bisa kita rasakan setiap tahun menjelang Lebaran. Sebagian masyarakat desa yang bekerja di kota-kota besar akan menjalankan ritual tahunan berupa mudik ke tempat asalnya. Kerinduan terhadap daerah tempat mereka dilahirkan dan dibesarkan, keinginan bersilaturahmi serta berkumpul bersama saudara, serta keinginan untuk menunjukkan keberhasilannya setelah hidup di kota kepada tetangga sekitar tempat tinggalnya di desa menjadi faktor pendorong dan alasan bagi warga masyarakat untuk pulang kampung kelahirannya. Aktivitas kembali ke tanah kalahirannya terutama pada saat hari besar merupakan perhelatan akbar tahunan yang diselenggarakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Bukan hanya masyarakat saja yang harus bekerja keras demi mewujudkan keinginan mereka, tetapi pemerintah juga harus ikut mendukung dalam kegiatan itu dengan menyediakan sarana transportasi publik yang nyaman dan memadai kapasitasnya.

Bila kita amati kondisi sarana dan prasarana transportasi publik di Indonesia masih belum optimal. Hal tersebut terbukti seperti apa yang sudah ada dan berjalan di kehidupan ini. Pada dasarnya terdapat empat aspek yang di jadikan sebagai pedoman dalam melakukan evaluasi terhadap kondisi sarana transportasi, yaitu: aspek keselamatan, aspek keamanan, aspek keterjangkauan, dan aspek kenyamanan.

a. Aspek pertama adalah keselamatan.
Hal ini tidak bisa dielakkan lagi karena musibah adalah suatu hal yang tidak kita harapkan. Harapan para pengguna sarana transportasi publik ini pasti bisa selamat sampai tujuan tanpa ada hambatan apapun.
b. Aspek kedua adalah keamanan.
Masyarakat awam masih menempatkan aspek ini ke dalam dua hal utama ketika melakukan perjalanan jauh. Faktor keamanan sangat memengaruhi keputusan seseorang dalam menentukan jenis kendaraan yang dipilih diantara bus, kereta api, kapal, ataukah pesawat terbang.
c. Aspek ketiga adalah keterjangkauan.
Seseorang memilih sarana transportasinya berdasarkan anggaran keuangan masing-masing individu. Walaupun terdapat pilihan untuk naik bus, kereta api, kapal, ataukah pesawat terbang ketika mereka melakukan perjalanan jarak jauh.
d. Aspek keempat adalah kenyamanan.

Aspek ini memang mendapatkan toleransi dari masyarakat pengguna sarana transportasi umum. Entah itu disebabkan karena memang pada dasarnya masyarakat Indonesia yang menerima apa adanya suasana yang ada ataukah kesadaran pada diri mereka sendiri atas kondisi tersebut.

6 Komentar

  1. sebenarnya transprtasi didindonesia itu sebenarnya sudah tidak layak pakai karena bayank kendaraan trasportasi tersebut menyebabkan polusi udara. seperti bis yang sudah tua dan asapanya menimbulkanpolusi udara tersebut sebaikknay ditertibkan dan diganti dengan bus yang baru agar kenyamanan dan kesaelamatan para penumpang juga terjamin. peran pemerintah dalm masalah tersebut sangat penting sekali agar trasportasi didindonesia pada umumnya dapat berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan polusi udara.

    • suatu revolusi besar-besaran demi pengguna sarana transportasi memang perlu diadakan, tetapi di lain pihak untuk melakukan revolusi tersebut memerlukan biaya yang tinggi,, sehingga dengan hambatan seperti itu negara Indonesia hanya bisa melakukan evolusi saja

  2. Kecelakaan transportasi yang terjadi didarat, udara, dan laut, membuat masyarakat semakin khawatir mengenai kenyamanan dan keselamatan dalam bertransportasi. Sebenanya tidak hanya dari pemerintah yang turut serta dalam penanganan transportasi, akan tetapi seluruh warga yang juga menggunakan fasilitas tersebut. Dengan ketertiban yang tinggi maka setidaknya dapat membantu pemerintah dalam menangani masalah tersebut.

    • setidaknya kewaspadaan akan terjadinya kecelakaan juga termasuk hal yang harus dimililki masyarakat.

  3. Campur tangan pemerintah hanya wacana dalam berita karena pemerintah ikut campur tanagn namun hanya untuk menarik pungutan liar dari para pemilik kendaraan umun sehingga banyak yang harusnya pensisun dan sudah tidak layak tetap masih bisa beroperasi yang ujung-ujungnya terjadi kecelakaan dan pastinya pemerintah akan mersa tidak bersalah apapun. Dengan keadaan ini pengguna kendaraan sangat dilematis karena mau menolak tapi mereka membutuhkan sekali karena hanya ini pilihan yang dimilika tetapi mau mendukung juga keselamatan mereka jadi terauhannya.

    • pungutan liar seperti itu sebenarnya hanyalah perbuatan-perbuatan oknum tertentu saja, yang mana pemerintah sendiri sebenarnya sudah menetapkan titik-titik tertentu untuk diadakannya pemungutan


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s